Rabu, 20 Januari 2016

Pakej Tour ke Bukit kapor Tinggi Raja

Bukit kapor Tinggi Raja

Bukit kapor Tinggi Raja

Dolok tinggi raja adalah kawasan cagar alam seluas 167 Ha yang terletak di Kecamatan Silau Kahen, Kabupaten Simalungun, provinsi Sumatera Utara. Di dalam area kawasan cagar alam dolok tinggi raja, terdapat objek wisata kawah putih, yang lebih sering dikenal dengan nama kawah putih tinggi raja seluas 30 Ha.[1] Namun, hal ini menjadikan objek wisata kawah putih tinggi raja susah untuk berkembang, dikarenakan berbenturan dengan status area ini berada dikawasan Cagar Alam.

Cagar Alam

Dolok tinggi raja ditetapkan sebagai cagar alam dengan keputusan Zelfbestuur Besluit (ZB) Nomor 24 Tangga 16 April 1924, pada masa pemerintahan kolonial Belanda. Hingga sekarang, kawasan ini masih berstatus cagar alam.

Sejarah Tinggi Raja
Sejarah terbentuknya Kawah putih dolok tinggi raja belum diketahui dengan pasti. Warga Simalungun masih percaya terbentuknya kawah putih dan mata air panas dolok tinggi raja berdasarkan legenda rakyat.
Tinggi Raja sudah ditemukan sejak ratusan tahun lalu, tetapi karena akses menuju tempat ini sangat memprihatinkan. Akses jalan menuju ke cagar alam ini yang sangat terjal dan rusak parah. Sampai saat ini belum ada perhatian dari pemerintah setempat untuk memperbaiki akses jalan ke tempat ini.

Transport Ke Tinggi Raja
Untuk sampai ke daerah cagar alam dolok tinggi raja, pengunjung dapat menggunakan kendaraan roda empat atau roda dua, yang kemudian menempuh jarak sejauh 95 Km dari pusat kota Medan dengan rute perjalanan sebagai berikut: Medan melewati perisimpangan Kota Lubuk Pakam lalu menuju Galang kemudian melewati Dolok Masihul lalu masuk kepersimpangan Nagori Dolok dan sampailah ke kawasan cagar alam Dolok Tinggi Raja.

Sampai saat ini belum ada kendaraan umum untuk mencapai ke kawasan ini tapi Kami sediakan sewa Mobil ke Lokasi Ini:


Info Sewa Mobil atau Paket Tour
WhatsApp: +62 812 6433 2925
Emial : travelingsumatera@gmail.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar